Pendaftaran Universitas Katolik Parahyangan 2020/2021


Bagi anda yang sedang mencari informasi tentang Pendaftaran Universitas Katolik Parahyangan 2020/2021 maka di bawah ini Website Informasi Kuliah Sabtu Minggu menyampaikan tentang Pendaftaran Universitas Katolik Parahyangan 2020/2021 sebagai berikut:

Pendaftaran Universitas Katolik Parahyangan 2020/2021


endaftaran sebagai peserta Seleksi Program PMDK UNPAR Tahun Akademik 2020/2021 dilakukan secara online dengan membuka laman http://pmb.unpar.ac.id dan mengisi/melengkapi formulir isian yang tersedia sesuai dengan petunjuk.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh para siswa peminat seleksi program PMDK ini adalah sebagai berikut  :

  1. Persyaratan Umum :
  1. Memiliki minat yang tinggi untuk melanjutkan studi di UNPAR dan akan mendaftarkan diri sebagai mahasiswa UNPAR apabila nanti dinyatakan lulus seleksi program PMDK dan lulus SMA;
  2. Terdaftar sebagai siswa SMA kelas XII pada tahun ajaran 2019/2020;
  3. Hanya memilih 1 (satu) program studi yang paling diminati dari daftar program studi yang tersedia di UNPAR (pendaftaran PMDK hanya dapat dilakukan satu kali);
  1. Persyaratan Nilai Rapor

Nilai Mata Pelajaran di SMA kelas X sampai dengan kelas XI (nilai teori dan praktek) tidak kurang dari Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Jika sekolah menerapkan kurikulum 2013, nilai akan dikonversi secara otomatis sesuai dengan perhitungan dari Kemendikbud atau nilai yang diinput adalah nilai yang telah dikonversi dalam skala 100 oleh sekolah.

Jika terdapat 2 nilai (Nilai Wajib dan Peminatan) dalam satu Mata pelajaran. Hanya diinput nilai Wajib dalam satu mata pelajaran

Komponen mata pelajaran prasyarat sesuai dengan Pilihan Program Studi sebagai berikut:

Program studi yang ditawarkan Akreditasi Prasyarat Jurusan SMA Mata Pelajaran Prasyarat (Nilai Wajib Teori dan Prektek > atau = KKM)
Matematika Bahasa Inggris Bahasa Indonesia Fisika Kimia
 Ekonomi Pembangunan A IPA/IPS
 Manajemen A IPA/IPS
 Akuntansi A IPA/IPS
 Ilmu Hukum A IPA/IPS/Bahasa
 Ilmu Administrasi Publik A IPA/IPS/ Bahasa/SMK
 Ilmu Administrasi Bisnis A IPA/IPS/  Bahasa/SMK
 Ilmu Hubungan Internasional * A IPA/IPS/ Bahasa
 Teknik Sipil A IPA
 Arsitektur * A IPA
 Filsafat A Semua Jurusan
 Teknik Industri A IPA
 Teknik Kimia * A IPA
 Teknik Elektro * B IPA
 Matematika A IPA
 Fisika A IPA
 Teknik Informatika B IPA
 DIII Manajemen Perusahaan B Semua Jurusan

* lihat point C (persyaratan khusus Program Studi)

  1. Persyaratan Khusus Program Studi;
  1. Program Studi Arsitektur : mengirimkan hasil gambar sesuai dengan petunjuk soal dan ketentuan
  2. Program Studi Teknik Kimia dan Teknik Elektro : Tidak Buta Warna, dibuktikan dengan mengupload Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata
  3. Program Studi Ilmu Hubungan Internasional : uraian/motivasi/testimony di tulis dalam Bahasa Inggris
  1. Kelengkapan Berkas Pendaftaran yang harus diupload meliputi :
    1. Fotokopi rapor SMA kelas X dan kelas XI (semester 1 dan semester 2), yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah; legalisir raport yang diupload harus menunjukkan nilai yang sesuai dengan yang diinput oleh peserta
    2. Surat keterangan Jurusan SMA (rekomendasi sekolah), yang menyatakan siswa ybs adalah benar siswa SMA kelas XII (kelas 3 (tiga) SMA) ybs pada tahun akademik 2019/2020 dan menyatakan jurusan SMA ybs.
      1. untuk siswa yang bersekolah di sekolah Internasional, jika dinyatakan lolos, pada saat daftar ulang harus sudah memiliki penyetaraan Ijazah (setara SMA)
      2. untuk siswa yang berijazah Paket C, jika dinyatakan lolos, pada saat daftar ulang diwajibkan menyerahkan leglisir ijazah beserta fotocopy raport kelas 1 s.d. kelas 3
    3. Uraian/Motivasi (motivation letter) “Mengapa saya memilih UNPAR, dan alasan ingin studi pada program studi yang dipilih”, ditulis tangan maksimal 500 kata dalam bahasa Indonesia atau dalam bahasa Inggris. Untuk pilihan Program Studi Ilmu Hubungan Internasional ditulis dalam Bahasa Inggris.
    4. Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata bagi siswa yang melamar ke Program Studi Teknik Kimia atau Teknik Elektro.
    5. Hasil Gambar sesuai ketentuan yang diberikan (khusus pelamar program studi Arsitektur). Untuk hasil gambar dikirimkan ke; Admisi – Biro Administrasi Akademik Universitas Katolik Parahyangan (Gedung 0 lantai 3) Jl. Ciumbuleuit No. 94, Bandung 40141 selambat-lambatnya tanggal 10 Oktober 2019.
    1. Ketentuan yang berlaku bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi program PMDK :
      1. Melunasi 100% (seratus persen) kewajiban keuangan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, dengan mengetahui bahwa dana yang telah dibayarkan tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun juga (sesuai dengan surat pernyataan di atas meterai).
      2. Melakukan Registrasi Awal dan Pendaftaran Ulang sesuai jadwal yang telah ditetapkan,

 

  1. Prosedur pendaftaran dapat dilihat pada alur gambar di bawah ini;
  1.  Jadwal Penerimaan Jalur PMDK
No Kegiatan Tgl Mulai Tgl Selesai
1 Pendaftaran 19 Agustus 2019 9 Oktober 2019 Pkl. 21.00
2 Upload Berkas Pendaftaran 19 Agustus 2019 10 Oktober 2019 Pkl. 20.00
3 Pengiriman Hasil Gambar (untuk Program Studi Arsitektur) 19 Agustus 2019 10 Oktober 2019
4 Verifikasi data dan berkas pendaftaran 19 Agustus 2019 16 Oktober 2019
5 Pengumuman 24 Oktober 2019 24 Oktober 2019

 

Ujian Saringan Masuk (USM) merupakan jalur penerimaan melalui ujian tertulis di Kampus UNPAR atau tempat lain yang sudah ditentukan sebagai penyelenggara Ujian Saringan Masuk UNPAR. Pendaftaran sebagai peserta Seleksi Program USM UNPAR dilakukan secara online dengan membuka laman http://pmb.unpar.ac.id dan mengisi/melengkapi formulir isian yang tersedia sesuai dengan petunjuk.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh para siswa peminat seleksi program USM ini adalah sebagai berikut  :

  1. Persyaratan Umum :
  1. Memiliki minat yang tinggi untuk melanjutkan studi di UNPAR dan akan mendaftarkan diri sebagai mahasiswa UNPAR apabila nanti dinyatakan lulus seleksi program USM dan lulus SMA;
  2. Dapat memilih sampai 3 pilihan program studi (pilihan ke-3 terbatas pada program studi tertentu seperti; Ekonomi Pembangunan, Ilmu Administrasi Publik, Teknik Elektro, Matematika, Fisika, D3 Manajemen Perusahaan)
  1. Persyaratan Khusus Program Studi;
  1. Program Studi Teknik Kimia dan Teknik Elektro : Tidak Buta Warna, dibuktikan dengan melampirkan Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata
  1. Kelengkapan Berkas Pendaftaran yang harus diupload meliputi :
    1. Fotocopy akte kelahiran atau paspor
    2. Surat Keterangan Jurusan SMA atau Legalisir Ijazah SMA
      1. untuk siswa yang bersekolah di sekolah Internasional, jika dinyatakan lolos, pada saat daftar ulang harus sudah memiliki penyetaraan Ijazah (setara SMA)
      2. untuk siswa yang berijazah Paket C, jika dinyatakan lolos, pada saat daftar ulang diwajibkan menyerahkan leglisir ijazah beserta fotocopy raport kelas 1 s.d. kelas 3
    3. Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata bagi siswa yang melamar ke program studi Teknik Kimia atau Teknik Elektro.
  1. Biaya Pendaftaran

Secara terperinci biaya pendaftaran Ujian Saringan masuk UNPAR dapat dijelaskan sebagai berikut;

Jenis Biaya Pendaftaran Keterangan Cara Pembayaran
  Program Sarjana Rp. 250.000 Dapat memilih sampai 3 Pilihan Program Studi (pilihan ke-3 terbatas pada program studi tertentu seperti; Ekonomi Pembangunan, Ilmu Administrasi Publik, Teknik Elektro, Matematika, Fisika, DIII Manajemen Perusahaan) Pembayaran pendaftaran mengunakan system BRIVA yang dapat dilakukan melalui:

  1. Teller bank BRI (setor tunai atau debet rekening BRI),
  2. Transfer Tunai atau Debet Rekening dari Bank selain Bank BRI (dapat dilakukan melalui ATM ataupun internet banking, pada dasarnya sama seperti Transfer Antar Bank)
  3. Pembayaran menggunakan Nomor Virtual Account Anda (16 Digit) Dengan Format ID Unpar 70284 + 1 + No. Billing 10 digit, sebagai identitas rekening penerima.
  Program Diploma III Rp.150.000 Satu pilihan untuk Diploma III  Manajemen Perusahaan

 

  1. Ketentuan yang berlaku bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi program USM :
  1. Melunasi 100% (seratus persen) kewajiban keuangan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, dengan mengetahui bahwa biaya yang telah dibayarkan tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun juga (sesuai dengan surat pernyataan di atas meterai).
  2. Melakukan Registrasi Awal dan Pendaftaran Ulang sesuai jadwal yang telah ditetapkan,

 

  1. Jadwal Pendaftaran Ujian Saringan Masuk Gel. 1 Tahun Akademik 2020/2021
No. K E G I A T A N USM 1
Tgl Mulai Tgl Selesai
1 Pendaftaran peserta USM melalui website (paling lambat Pkl. 20.00) 28 Oktober 2019 14 Januari 2020
2 Pembayaran biaya pendaftaran USM di Bank (paling lambat Pkl. 16.00) – Pembayaran juga dapat dilakukan melalui ATM 28 Oktober 2019 15 Januari 2020
3 Upload berkas dan Cetak Kartu USM (paling lambat Pkl. 22.00) 28 Oktober 2019 15 Januari 2020
4 Ujian Saringan Masuk (USM dilaksanakan di Kampus UNPAR Bandung dan SMA Regina Pacis BOGOR) 19 Januari 2020
5 Pengumuman hasil Ujian Saringan Masuk (dapat dilihat di web www.unpar.ac.id) 23 Januari 2020

PERMINTAAN BROSUR

Ingin dikirimkan Brosur Cetak atau Digital kampus ini, silahkan isi Form di bawah ini

Demikian kami sampaikan tentang Pendaftaran Universitas Katolik Parahyangan 2020/2021 semoga informasi tentang Pendaftaran Universitas Katolik Parahyangan 2020/2021 ini bermanfaat.